Makanan Pedas yang Sering Ditemukan Pada Malam Hari

makanan pedas

Makanan pedas menjadi daya tarik di dunia perkulineran. Ini tidak hanya berlaku di satu kota saja tetapi di seluruh Indonesia. Makan tanpa cabe benar-benar seperti hambar deh. Ini sama seperti ketika kita mambuat sayur tanpa menggunakan garam. Banyak sekali wisata kuliner pedas yang benar-benar bikin bibir panas dan mata menangis. Bagi yang suka bingung harus makan apa saat malam hari, beberapa pilihan dibawah ini bisa membuat mata anda melek dalam sekejap.

Seblak

Seblak merupakan makanan khas Sunda yang menjadi favorit khususnya kaula muda. Bahan baku yang digunakan terdiri dari kerupuk udang, baso, sosis, telur, daging ayam, ceker, dan lainnya. Banyak sekali varian topping yang biasanya digunakan untuk seporsi seblak pedas. Nah, pilihan pedas yang ditawarkan juga sesuai dengan selera kita. Bisa request yang level nya paling tinggi atau sama sekali tidak menggunakan cabe. Apapun itu toppingnya, waktu yang tepat untuk menyantap seblak adalah ketika masih hangat. Ini karena jika sudah dingin, kerupuk akan menjadi lebih keras dengan kuah yang menyusut.

Sego Sambel

Jika anda pernah berkunjung ke Surabaya, pasti sudah pernah mendengar makanan yang satu ini. Yup, sego sambel menjadi jujugan makanan pedas di kota Pahlawan ini. Meskipun hanya berisi nasi hangat, lauk, dan sambel pedas, tetapi menu ini selalu membuat kangen. Apalagi bagi yang merantau keluar kota nih. Pasti kangen untuk menikmati sajian makanan pedas ini. Namun bagi yang tidak berada di Surabaya, anda juga bisa membuatnya dirumah. Belilah lauk yang disukai keluarga, bahan untuk sambel, dan sayuran pelengkapnya. Bakalan nggak kalah deh dengan sego sambel diluaran sana.

Ayam Rica Rica

Bagi penyuka olahan daging ayam, anda bisa menyantap ayam rica rica sebagai makanan pedas di malam hari. Apakah anda sudah tahu jika makanan ini berasal dari Manado? Gurih dan pedas menjadi rasa khas yang dihasilkan dari makanan yang terlihat seperti gulai ini. Meskipun tanpa menggunakan tambahan santan, ayam rica rica ini tak kalah gurihnya dengan gulai. Rempah-rempahnya yang kuat seperti jahe,sereh, kunyit, dan cabai membuat rica rica sangat khas. Walau terbilang cepat dalam memasaknya, tetapi bumbu yang dicampur bisa merasuk ke dalam daging ayam dangan baik.

Ceker Pedas

Masih dengan bagian dari ayam, ada ceker pedas yang sangat identik dengan kuliner malam hari. Di kota Malang contohnya. Anda bisa menemukan tempat yang berjualan ceker pedas ini yang buka di malam hari. Cabai yang merasuk hingga ke ceker dan kuah nya bakalan bikin bibir jontor deh. Meskipun berukuran kecil, tetapi ceker bisa menemani makan malam anda dengan menu lainnya. Atau bagi yang tak ingin makan menggunakan nasi, ceker pedas ini juga bisa dijadikan camilan saja.

Ayam Geprek

Menu yang taka sing lagi ditelinga yaitu ayam geprek masih menjadi pilihan dikala ingin makan makanan pedas. Komponennya sih sangat sederhana yaitu ayam goreng geprek dengan sambal bawang pedas. Tetapi entah mengapa menu ini membuat ketagihan. Apalagi jika dikonsumsi dengan nasi yang masih hangat. Bakal pengen nambah nasi lagi dan lagi deh. Jika anda sedang diet, jangan coba-coba makan ayam geprek yak arena bakalan khilaf.

Ayam Pedas ala Korea

Oalahan ayam khas lokal sudah, ada lagi ayam pedas ala Korea yang bisa membuat anda menangis. Kita sering menjumpai olahan daging ayam di drama Korea. Yup, masyarakat di negeri ginseng ini memang suka mengkonsumsi daging ayam mulai dari yang rasanya netral hingga sangat pedas. Tak kalah tenar nya dengan mie Samyang, ayam pedas ala Korea juga sempat di jadikan challenge mukbang. Yang membuat ayam pedas ini unik adalah penggunaan saus gochujang yang sangat khas. Tak heran jika makanan pedas ini disukai khususnya para pecinta drama korea.

Nasi Gila

Nasi goreng memang sudah seperti makanan wajib malam hari. Kita sangat jarang menemukan makanan ini disiang atau sore hari kecuali jika makan di resto khusus nasi goreng atau resto Chinese food. Namun jika soal rasa, yang dijual dipingggir jalan lebih mantap. Namun ada opsi lain juga lho yang memiliki rasa yang pedas menggigit yaitu nasi gila. Menu ini bisa anda dapatkan di tempat yang juga menjual nasi goreng. Nah, perbedaan dari kedua menu ini terletak pada nasi nya. Nasi gila sedikit basah jika dibandingkan dengan nasi goreng. Selain itu, campuran beberapa bahan pelengkapnya menjadikan nasi gila lebih bervariatif. Dijamin bikin kenyang deh karena porsi untuk satu piring nasi goreng lumayan banyak.

Mie Pedas

Sudah pernah kah anda mendengar mie setan? Ini bukan mie yang dijual oleh setan ya tetapi penyebutan setan untuk mendeskripsikan rasa pedas nya. Mie pedas juga termasuk ke dalam makanan pedas yang digemari oleh banyak orang. Menu ini biasanya kita temukan di kafe-kafe khas anak muda. Mie pedas seperti ini bisa kita temukan dimana saja termasuk kota Malang. Ada beberapa nama yang cukup terkenal untuk menu yang satu ini. Jika berkesempatan untuk mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mencoba kuliner Malang pedas ini ya.

Bakso Kuah Pedas

Siapa yang tak menyukai kenikmatan dari bakso yang terbuat dari daging sapi? Makanan murah meriah ini sangat mudah untuk dibeli karena banyak pedagang bakso yang menjajakan dagangannya melewati rumah kita. Namun seiring berjalannya waktu, banyak inovasi yang muncul dari bakso ini seperti bakso kuah pedas. Pecinta berat makanan pedas wajib banget deh mencoba nya. Meskipun tidak baik untuk mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas apalagi di malam hari, namun anda bisa tetap melakukannya dengan jarang.

Rawon Pedas

Pindah ke makanan yang berkuah juga, ada rawon pedas atau rawon setan. Kuliner khas Surabaya ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata kuliner wajib di Surabaya. Meskipun buka pada dini hari, tetapi penggunjungnya selalu banyak. Mungkin karena sudah menjadi pelanggan setia makanan pedas ini. Kuah hitamnya yang kental dan gurih membuat siapa saja ketagihan. Apalagi rasa cabe yang sangat menggigit bakalan bikin lidah kepanasan. Tak hanya sepiring rawon pedas saja ya tetapi ada pilihan lauk lain seperti jeroan, telur, potongan daging, dan lainnya.

Ayam Lodho

Balik ke olahan ayam, ada satu menu yang sayang untuk dilewatkan yaitu ayam lodho. Kuliner yang terdiri dari ayam kampung panggang dengan kuah santan pedas ini cocok juga untuk dijadikan menu makan malam. Taburan cabe rawit utuh membuat ayam lodho ini sangat pedas. Biasa nya ada menu pelengkap untuk makanan ini yaitu urap-urap yang segar. Hanya dengan nasi hangat saja, santap malam anda jadi sempurna dengan kuliner khas Tulungagung ini.